Rabu, 22 Februari 2017

Buah Kaya Nutrisi untuk MPASI


Credit image: newkidscenter.com

Wajib bagi ummi memasukkan menu buah untuk MPASI bayi. Kandungannya yang kaya vitamin dan mineral sangat bagus untuk tumbuh kembang si kecil.

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi. Di awal MPASI, para pakar Food combining sangat menganjurkan pemberian buah untuk MPASI bayi. Karena selain bermanfaat untuk pertumbuhan, buah juga sangat bagus untuk menutrisi otak.

Tentunya tidak semua jenis buah cocok diberikan pada bayi ya, Ummi. Meski menurut WHO tidak ada pantangan makanan bagi bayi selama tak alergi, namun pemilihan jenis makanan yang kaya nutrisi perlu diperhatikan. Dari sekian banyak jenis buah, ada beberapa buah yang sangat kaya nutrisi sehingga cocok untuk diberikan sebagai MPASI.

Berikut beberapa jenis buah untuk MPASI bayi:

Pisang
Pisang mengandung potasium yang bermanfaat memberikan energi. Buah kuning ini juga dap menekan asam pada lambung sehingga bermanfaat mengatasi sembelit yang sering diderita bayi. Selain kaya nutrisi, tekstur pisang juga cocok di lidah bayi yang baru mulai MPASI. Pisang dapat disajikan dalam bentuk puree untuk bayi.

Pepaya
Pepaya mengandung empat jenis vitamin sekaligus, yakni vitamin A, B, C dan E. Bahkan kandungan vitamin C pepaya jauh lebih besar dari apel. Manfaat buah manis ini yakni dapat mencegah perusakan sel-sel di dalam tubuh. Berikan pepaya yang sudah diblender atau puree pepaya untuk MPASI bayi. Rasa manisnya akan disuka buah hati.

Melon
Buah jenis labu ini mengandung serat pangan yang dapat memenuhi hampir 10 persen nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh. Rasanya yang manis dan aromanya yang harum akan memikat adik bayi. Ummi dapat memberikan si kecil jus melon dengan ditambah ASI ataupun susu formula.

Berry
Segala jenis Berry, baik strawberry, blueberry, blackberry maupun Cherry, kaya akan vitamin C dan anti antosianidin, yakni antioksidan dalam takaran tinggi. Dengan mengonsumsi buah-buahan jenis Berry tersebut, bayi akan terlindungi dari radikal bebas yang dapat menyebabkan banyak penyakit. Untuk penyajian, buah-buahan Berry dapat menjadi campuran bubur susu untuk si kecil.

Selain empat buah diatas, beberapa buah lain yang cocok untuk MPASI perdana si kecil yakni alpukat, mangga, pir, jeruk baby, semangka, jambu biji, dan apel. Untuk jenis buah yang keras seperti pir dan apel, kukus dahulu sebelum dihaluskan ya Ummi.

Selain itu, perhatikan pula kondisi buah saat membeli. Jangan pilih buah yang sudah keriput dan terlalu masak. Saat hendak diolah, pastikan pula buah sudah dicuci bersih.
Demikian beberapa jenis buah untuk MPASI bayi. Selamat berbelanja buah segar untuk si kecil, Ummi.

Published at: abiummi.com

Afriza Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar