Selasa, 24 November 2015

Mengolah Havermut untuk MPASI




Pusing memilih menu apalagi yang ingin disajikan untuk si kecil? Atau tak menemukan resep masakan bayi yang cocok dan praktis dibuat? Yuk coba buat Makanan Pendamping ASI (MPASI) dari havermut, Bunda.

Sebagai pengetahuan dasar, havermut merupakan jenis sereal gandum. Kita mungkin lebih mengenalnya dengan oatmeal. Ummi bisa mendapatkan havermut di swalayan dengan berbagai brand. Namun jangan salah pilih antara havermut instan dan non instan ya. Untuk membuat havermut instan, Ummi hanya perlu menambahkan air panas. Adapun jenis non instan, havermut perlu dimasak di atas api.

Adapun secara khasiat, havermut mengandung banyak nutrisi yang dapat menurunkan kolesterol jahat, mengurangi kadar gula hingga meningkatkan imun. Dengan banyaknya manfaat tersebut, havermut sangat cocok diberikan untuk bayi dan anak.

Selain dijadikan bubur, havermut juga dapat digunakan sebagai bahan membuat kue. Adapun untuk menu adik bayi, havermut dapat diolah bersama sayuran ataupun daging. Sejak usia 6 bulan, bayi sudah diizinkan mengonsumsi jenis pangan utama sarapan para bule tersebut.

Jika masih bingung mengolah havermut untuk buah hati, berikut resep masakan bayi berbahan havermut yang dapat Ummi praktikan di rumah. Resep ini diambil dari buku “101 Menu MPASI Sehat” karya Ayu Bulan Febry, S.KM dan Cr. Zulfito Marendra.

Bubur Havermut Sari Sayuran

Bahan:
25 gram kacang merah, cuci bersih
750 ml air
50 gram wortel, dikupas kemudian potong dadu kecil
50 gram brokoli, dicincang
50 gr havermut
20 gr keju

Cara membuat:

1.       Rebus kacang merah dengan airi hingga empuk, kemudian campurkan wortel dan brokoli, rebus hingga lunak.
2.       Angkat sayuran dan biarkan air rebusan tetap di panci.
3.       Masukan havermut sedikit demi sedikit ke dalam air rebusan sayur. Aduk sampai mengental, angkat.
4.       Campurkan sayuran rebus dan keju parut ke dalam havermut. Aduk dan saring dengan saringan khusus atau masukkan ke blender dan haluskan.
5.       Tuang ke dalam mangkuk kecil dan sajikan selagi hangat.

Nilai gizi per porsi:
Energi                   : 80,1 kkal
Protein                 : 6,2 g
Lemak                   : 1,9 g
Karbohidrat        : 10,1 g


Demikian resep masakan bayi menggunakan bahan havermut. Praktis dan mudah kan Bunda. Adik bayi pasti suka dengan tekstur havermut yang lembut ditambah rasa manis dari sayuran serta asin dari keju. Selamat mencoba.
Afriza Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar