credit image: pioneerwoman.files.wordpress.com |
Visi, Misi dan Kurikulum
Homeschooling Faruq ‘Abdurrahman Fa’iq
(Keluarga Afriza Hanifa dan Ahmad
Fa’iq)
VISI DAN MISI
VISI
Membangun generasi yang saleh,
penghafal Al Qur’an dan Al Hadits, pengikut Sunnah Rasulullah dan Khulafa Ar
Rasyidin, berkepribadian, cerdas akal dan budi, serta mengambil peran untuk
umat Islam.
MISI
Mendidik keturunan yang mengilmui,
menerapkan dan berkomitmen dalam perkara akidah, ideologi Islam, syariat Islam,
dan akhlak al karimah;
Mendidik keturunan yang mampu
berperilaku positif dan islah (melakukan perbaikan) pada diri sendiri, orang
lain, lingkungan, alam sekitar, komunitas muslim pada khususnya dan dunia pada
umumnya;
Mendidik keturunan yang mampu
mengetahui potensi diri, mengambil peran dalam peradaban, menjadi agen
perubahan, dan mengambil peran manusia sebagai khalifah di muka bumi.
Rincian Pendidikan dan Kualifikasi
anak yang diharapkan:
1.
Mendidik anak berakidah lurus dan
menjauhi syirik
§ Anak mengenal Allah satu-satunya Rabb
§ Memahami tauhid Rububiyyah, Uluhiyyah dan Asma wa Shifat
§ Mengenal keburukan syirik kecil dan besar
OUTPUT:
Anak selalu
bersyukur kepada Allah,
Menjalankan
perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya,
Melakukan
segala aktivitas yang sesuai dengan hukum Allah,
Melakukan
segala perbuatan dengan tujuan ikhlas kepada Allah Ta’ala,
Mencintai
Allah dan selalu merasa diawasi oleh-Nya,
Memiliki
perasaan takut akan azab Allah dan harap akan karunia-Nya,
Anak bersih
dari segala dosa syirik.
2.
Mendidik anak berkomitmen dalam
ideologi Islam
§ Anak memahami Islam sebagai satu-satunya agama yang diridhai Allah
§ Mengenal Islam sebagai jalan hidup dan gaya hidup
§ Bangga menjadi seorang muslim
OUTPUT:
Anak
termotivasi untuk belajar Al Qur’an dan Al Hadits sepanjang hayat;
Anak selalu
istiqamah dalam keimanan dan keislaman.
3.
Mendidik anak rukun iman
§ Anak memahami keimanan kepada Allah dengan keyakinan yang kokoh
§ Memahami dan meyakini eksistensi malaikat, nabi dan rasul, Al Qur’an
sebagai firman Allah, hari akhir dan takdir.
OUTPUT:
Anak selalu
beramal baik karena memahami bahwa segala perbuatannya akan dipertanggung
jawabkan di akhirat kelak;
Anak memahami
bahwa ada penjaga malaikat dan tak perlu takut pada syaitan;
Anak beramal
baik karena meyakini ada malaikat yang selalu mencatat segala tingkah lakunya;
Anak menjauhi
hal buruk karena melawan syaitan dan menjadikan syaitan sebagai musuh utama;
Anak meneladani
nabi dan rasul;
Anak meyakini
bahwa Al Qur’an adalah firman-Nya yang otentik dan sumber segala ilmu;
Anak memahami
konsep takdir dengan keyakinan yang utuh.
4.
Mendidik anak menerapkan dan
mencintai syariat Islam yang dibawa Rasulullah
§ Anak meneladani Rasulullah sebagai idola, tuntunan dan suri
tauladan
§ Anak memahami bahwa syariat Islam telah sempurna dibawa Nabiyullah
Muhamad
OUTPUT:
Anak mengidolakan
Rasulullah dan mencintai beliau shallallahu
‘alaihi wasallam;
Mengaplikasikan
segala sunah Rasulullah di segala aspek kehidupan dan rutinitas sehari-hari.
5.
Mendidik anak berperilaku akhlakul
karimah dan berkepribadian
§ Anak memiliki akhlak yang baik pada Allah
OUTPUT:
Dekat dengan
Allah, biasa berdoa dalam rutinitas harian, berdoa dan meminta apapun hanya
kepada Allah, melaksanakan ibadah sunah (shalat malam, rawatib dan dhuha minimal
tiga kali dalam sepekan di usia 14 tahun), terbiasa rutin membaca zikir pagi
dan petang, membaca dan menghafal Al Qur’an rutin setiap hari, membaca dan
menghafal Al Hadits rutin, beribadah dengan ikhlas tanpa disuruh dan
melakukannya dengan benar, gemar berpuasa dan bersedekah, bercita-cita
menunaikan ibadah haji.
§ Anak memiliki akhlak yang baik pada orang tua
OUTPUT:
Mengaplikasikan
birrul walidain, menghormati guru dan orang yang lebih tua, menyayangi orang
yang lebih muda.
§ Anak memiliki akhlak yang baik pada manusia
OUTPUT:
Berakhlak baik
pada muslim (saling tolong menolong, menasihati dan menerima nasihat, melakukan
amar ma’rufnahi Munkar, menggunakan lisan tangan dan hati saat melihat
keburukan), bersikap baik pada non-muslim (menghormati dengan batasan “Bagiku
agamaku dan bagimu agamamu”), memahami batasan pergaulan lawan jenis sesuai
aturan Islam.
§ Anak memiliki akhlak yang baik pada alam dan lingkungan
OUTPUT:
Memahami
konsep manusia sebagai khalifah di muka bumi, memanfaatkan kekayaan alam dengan
bijak, menjaga dan melestarikan alam, berkarya atau produktif dengan
memanfaatkan kekayaan alam dengan bijak.
§ Anak memiliki kepribadian
OUTPUT:
Anak memiliki
karakter: Baik hati, sederhana, murah hati, ramah, sopan, adil, rendah hati,
pemaaf, jujur, memenuhi janji, rela berkorban, penuh cinta, peka dan peduli,
inisiatif, humoris, pemberani, bersahaja, tulus, bertekad kuat, gigih,
rajin/giat, pantang menyerah, suka menolong, tidak berlebihan, qana’ah, wara’,
dapat dipercaya, dapat diandalkan, berjiwa pemimpin, mandiri, percaya diri,
optimis, peduli sosial, santun, supel, dan sabar.
6.
Mendidik anak mengenal potensi
diri dan mengambil peran dan perbaikan dan peradaban
§ Anak memahami dan menyalurkan bakat yang dimiliki
§ Anak menemukan passion di antara hobi
§ Memahami bahwa bakat adalah anugerah dari Allah
§ Menjalankan passion tanpa melanggar syariat-Nya
§ Memanfaatkan potensi diri untuk maslahat banyak orang
OUTPUT:
Memiliki
budaya belajar, membaca, menulis dan berkarya sepanjang hayat;
Bercita-cita
untuk mengambil kontribusi untuk umat;
Memilih
profesi yang berguna untuk banyak orang;
Mengenal
variasi peran di berbagai bidang (ilmiah, kepemimpinan, profesi, dan
finansial);
Mampu menentukan
spesifikasi ilmu yang dipelajari dan peran yang diambil untuk umat pada usia 14
tahun;
Mampu
menjalankan peran tersebut di usia 21 tahun.
KURIKULUM
PENDIDIKAN FARUQ (DI USIA 3-4 TAHUN)
Perkembangan Agama/Moral, Kognitif, Bahasa, Sosial-Emosi,
Fisik/Motorik, Sensori, dan Seni Sesuai cheklist indikator dalam Permendikbud
No 137 Tahun 2014, Pengembangan PAUD Non Formal, Kurikulum Diknas 2007, dan Slow
& Steady Get Me Ready Karya June R. Oberlander (Boleh didownload disini dan disini).
Tambahan pendidikan agama terangkum dalam buku Panduan Mendidik
Anak Muslim Usia Pra Sekolah karya Abu Amr Ahmad Sulaiman (Sangat rekomended
untuk dibeli).
Kurikulum per
Bulan (Salah Satu Contoh):
BULAN: Oktober 2017 (Usia Faruq 3y1m)
TEMA: Hewan
AGAMA
· Menghafal Surat Al Fatihah,
· Menghafal doa dan mempraktekkan adab bangun tidur,
· Menghafal dan menerapkan hadits “Innallaha jamiilun
yuhibbu-l-jamaala” (Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan),
· Pengetahuan tauhid dasar
· Sirah: Mengenal nama Nabi Muhammad
· Memahami Siapa Tuhanmu? Apa Agamamu? Dan Siapa Rasulmu?
MORAL
· Mengucapkan salam
· Menyebut hewan adalah ciptaan Allah
· Menyayangi ciptaan Allah
KOGNITIF
· Mengenal hewan darat (pekan 1 dan 2), hewan laut (pekan ke-3) dan hewan
udara (pekan ke-4)
· Membedakan hewan berdasar tempat tinggal dan jenis makanannya
· Mengurutkan benda kecil-sedang-besar
BAHASA
· Memahami kata tanya Apa dan Siapa
· Membaca kisah Nabi Nuh, Yahya dan Shaleh (bersama hewan darat), Nabi Yunus dan ikan paus, Nabi Sulaiman dan
Burung Hud-hud
SOSIAL-EMOSI
· Menyebut nama dan jenis kelamin diri
· Menyebut nama keluarga inti
FISIK/MOTORIK
· Lompat maju, mundur dan dari ketinggian <20 cm
· Pretend Play hewan darat, laut dan udara
· Menggunakan gunting dan resleting (practical Life skills)
SENSORI
· Sensory Bin kebun binatang, salju dari es dan padang pasir buatan
· Konstruktif Playdoh Sea animals
SENI
· Melukis hewan dengan cat (finger paint, kuas dan stamp)
· Bernyanyi lagu kisah hewan dan para nabi
Aktivitas bermain sesuai kurikulum ada di IG @afrizahanifa
Referensi Kurikulum:
Panduan Mendidik Anak Muslim Usia Pra Sekolah karya Abu Amr Ahmad
Sulaiman;
Permendikbud No 137 Tahun 2014;
Pengembangan PAUD Non Formal, Kurikulum Diknas 2007;
Slow & Steady Get Me Ready Karya June R. Oberlander;
Ide Aktivitas Anak:
Rumah Main Anak Karya Julia Sarah Rangkuti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar