Sabtu, 11 November 2017

Visi, Misi dan Kurikulum Homeschooling Faruq



credit image: pioneerwoman.files.wordpress.com



Visi, Misi dan Kurikulum Homeschooling Faruq ‘Abdurrahman Fa’iq
(Keluarga Afriza Hanifa dan Ahmad Fa’iq)


VISI DAN MISI


VISI
Membangun generasi yang saleh, penghafal Al Qur’an dan Al Hadits, pengikut Sunnah Rasulullah dan Khulafa Ar Rasyidin, berkepribadian, cerdas akal dan budi, serta mengambil peran untuk umat Islam.

MISI
Mendidik keturunan yang mengilmui, menerapkan dan berkomitmen dalam perkara akidah, ideologi Islam, syariat Islam, dan akhlak al karimah;
Mendidik keturunan yang mampu berperilaku positif dan islah (melakukan perbaikan) pada diri sendiri, orang lain, lingkungan, alam sekitar, komunitas muslim pada khususnya dan dunia pada umumnya;
Mendidik keturunan yang mampu mengetahui potensi diri, mengambil peran dalam peradaban, menjadi agen perubahan, dan mengambil peran manusia sebagai khalifah di muka bumi.

Rincian Pendidikan dan Kualifikasi anak yang diharapkan:

1.    Mendidik anak berakidah lurus dan menjauhi syirik
§ Anak mengenal Allah satu-satunya Rabb
§ Memahami tauhid Rububiyyah, Uluhiyyah dan Asma wa Shifat
§ Mengenal keburukan syirik kecil dan besar
OUTPUT:
Anak selalu bersyukur kepada Allah,
Menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya,
Melakukan segala aktivitas yang sesuai dengan hukum Allah,
Melakukan segala perbuatan dengan tujuan ikhlas kepada Allah Ta’ala,
Mencintai Allah dan selalu merasa diawasi oleh-Nya,
Memiliki perasaan takut akan azab Allah dan harap akan karunia-Nya,
Anak bersih dari segala dosa syirik.

2.    Mendidik anak berkomitmen dalam ideologi Islam
§  Anak memahami Islam sebagai satu-satunya agama yang diridhai Allah
§  Mengenal Islam sebagai jalan hidup dan gaya hidup
§  Bangga menjadi seorang muslim
OUTPUT:
Anak termotivasi untuk belajar Al Qur’an dan Al Hadits sepanjang hayat;
Anak selalu istiqamah dalam keimanan dan keislaman.

3.    Mendidik anak rukun iman
§  Anak memahami keimanan kepada Allah dengan keyakinan yang kokoh
§  Memahami dan meyakini eksistensi malaikat, nabi dan rasul, Al Qur’an sebagai firman Allah, hari akhir dan takdir.
OUTPUT:
Anak selalu beramal baik karena memahami bahwa segala perbuatannya akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak;
Anak memahami bahwa ada penjaga malaikat dan tak perlu takut pada syaitan;
Anak beramal baik karena meyakini ada malaikat yang selalu mencatat segala tingkah lakunya;
Anak menjauhi hal buruk karena melawan syaitan dan menjadikan syaitan sebagai musuh utama;
Anak meneladani nabi dan rasul;
Anak meyakini bahwa Al Qur’an adalah firman-Nya yang otentik dan sumber segala ilmu;
Anak memahami konsep takdir dengan keyakinan yang utuh.

4.    Mendidik anak menerapkan dan mencintai syariat Islam yang dibawa Rasulullah
§  Anak meneladani Rasulullah sebagai idola, tuntunan dan suri tauladan
§  Anak memahami bahwa syariat Islam telah sempurna dibawa Nabiyullah Muhamad
OUTPUT:
Anak mengidolakan Rasulullah dan mencintai beliau shallallahu ‘alaihi wasallam;
Mengaplikasikan segala sunah Rasulullah di segala aspek kehidupan dan rutinitas sehari-hari.

5.    Mendidik anak berperilaku akhlakul karimah dan berkepribadian
§  Anak memiliki akhlak yang baik pada Allah
OUTPUT:
Dekat dengan Allah, biasa berdoa dalam rutinitas harian, berdoa dan meminta apapun hanya kepada Allah, melaksanakan ibadah sunah (shalat malam, rawatib dan dhuha minimal tiga kali dalam sepekan di usia 14 tahun), terbiasa rutin membaca zikir pagi dan petang, membaca dan menghafal Al Qur’an rutin setiap hari, membaca dan menghafal Al Hadits rutin, beribadah dengan ikhlas tanpa disuruh dan melakukannya dengan benar, gemar berpuasa dan bersedekah, bercita-cita menunaikan ibadah haji.
§  Anak memiliki akhlak yang baik pada orang tua
OUTPUT:
Mengaplikasikan birrul walidain, menghormati guru dan orang yang lebih tua, menyayangi orang yang lebih muda.
§  Anak memiliki akhlak yang baik pada manusia
OUTPUT:
Berakhlak baik pada muslim (saling tolong menolong, menasihati dan menerima nasihat, melakukan amar ma’rufnahi Munkar, menggunakan lisan tangan dan hati saat melihat keburukan), bersikap baik pada non-muslim (menghormati dengan batasan “Bagiku agamaku dan bagimu agamamu”), memahami batasan pergaulan lawan jenis sesuai aturan Islam.
§  Anak memiliki akhlak yang baik pada alam dan lingkungan
OUTPUT:
Memahami konsep manusia sebagai khalifah di muka bumi, memanfaatkan kekayaan alam dengan bijak, menjaga dan melestarikan alam, berkarya atau produktif dengan memanfaatkan kekayaan alam dengan bijak.
§  Anak memiliki kepribadian
OUTPUT:
Anak memiliki karakter: Baik hati, sederhana, murah hati, ramah, sopan, adil, rendah hati, pemaaf, jujur, memenuhi janji, rela berkorban, penuh cinta, peka dan peduli, inisiatif, humoris, pemberani, bersahaja, tulus, bertekad kuat, gigih, rajin/giat, pantang menyerah, suka menolong, tidak berlebihan, qana’ah, wara’, dapat dipercaya, dapat diandalkan, berjiwa pemimpin, mandiri, percaya diri, optimis, peduli sosial, santun, supel, dan sabar.

6.    Mendidik anak mengenal potensi diri dan mengambil peran dan perbaikan dan peradaban
§  Anak memahami dan menyalurkan bakat yang dimiliki
§  Anak menemukan passion di antara hobi
§  Memahami bahwa bakat adalah anugerah dari Allah
§  Menjalankan passion tanpa melanggar syariat-Nya
§  Memanfaatkan potensi diri untuk maslahat banyak orang
OUTPUT:
Memiliki budaya belajar, membaca, menulis dan berkarya sepanjang hayat;
Bercita-cita untuk mengambil kontribusi untuk umat;
Memilih profesi yang berguna untuk banyak orang;
Mengenal variasi peran di berbagai bidang (ilmiah, kepemimpinan, profesi, dan finansial);
Mampu menentukan spesifikasi ilmu yang dipelajari dan peran yang diambil untuk umat pada usia 14 tahun;
Mampu menjalankan peran tersebut di usia 21 tahun.







KURIKULUM PENDIDIKAN FARUQ (DI USIA 3-4 TAHUN)

Perkembangan Agama/Moral, Kognitif, Bahasa, Sosial-Emosi, Fisik/Motorik, Sensori, dan Seni Sesuai cheklist indikator dalam Permendikbud No 137 Tahun 2014, Pengembangan PAUD Non Formal, Kurikulum Diknas 2007, dan Slow & Steady Get Me Ready Karya June R. Oberlander (Boleh didownload disini dan disini).
Tambahan pendidikan agama terangkum dalam buku Panduan Mendidik Anak Muslim Usia Pra Sekolah karya Abu Amr Ahmad Sulaiman (Sangat rekomended untuk dibeli).

Kurikulum per Bulan (Salah Satu Contoh):

BULAN: Oktober 2017 (Usia Faruq 3y1m)
TEMA: Hewan

AGAMA
·      Menghafal Surat Al Fatihah,
·      Menghafal doa dan mempraktekkan adab bangun tidur,
·      Menghafal dan menerapkan hadits “Innallaha jamiilun yuhibbu-l-jamaala” (Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan),
·      Pengetahuan tauhid dasar
·      Sirah: Mengenal nama Nabi Muhammad
·      Memahami Siapa Tuhanmu? Apa Agamamu? Dan Siapa Rasulmu?

MORAL
·      Mengucapkan salam
·      Menyebut hewan adalah ciptaan Allah
·      Menyayangi ciptaan Allah

KOGNITIF
·      Mengenal hewan darat (pekan 1 dan 2), hewan laut (pekan ke-3) dan hewan udara (pekan ke-4)
·      Membedakan hewan berdasar tempat tinggal dan jenis makanannya
·      Mengurutkan benda kecil-sedang-besar

BAHASA
·      Memahami kata tanya Apa dan Siapa
·      Membaca kisah Nabi Nuh, Yahya dan Shaleh (bersama hewan darat),  Nabi Yunus dan ikan paus, Nabi Sulaiman dan Burung Hud-hud

SOSIAL-EMOSI
·      Menyebut nama dan jenis kelamin diri
·      Menyebut nama keluarga inti

FISIK/MOTORIK
·      Lompat maju, mundur dan dari ketinggian <20 cm
·      Pretend Play hewan darat, laut dan udara
·      Menggunakan gunting dan resleting (practical Life skills)

SENSORI
·      Sensory Bin kebun binatang, salju dari es dan padang pasir buatan
·      Konstruktif Playdoh Sea animals

SENI
·      Melukis hewan dengan cat (finger paint, kuas dan stamp)
·      Bernyanyi lagu kisah hewan dan para nabi


Aktivitas bermain sesuai kurikulum ada di IG @afrizahanifa



Referensi Kurikulum:
Panduan Mendidik Anak Muslim Usia Pra Sekolah karya Abu Amr Ahmad Sulaiman;
Permendikbud No 137 Tahun 2014;
Pengembangan PAUD Non Formal, Kurikulum Diknas 2007;
Slow & Steady Get Me Ready Karya June R. Oberlander;

Ide Aktivitas Anak:
Rumah Main Anak Karya Julia Sarah Rangkuti.

Afriza Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar