Kamis, 01 Juni 2017

Ups, Lima Takjil Ini Bikin BB Naik Pesat


Credit image: elshinta[dot]com

Daftar Takjil Favorit yang Bikin BB Naik Pesat

Puasa bukanya tambah kurus malah bikin gemuk? Secara logika, puasa justru mengurangi asupan makan kita di siang hari dan cemilan di sore hari. Namun kenyataanya, makanan berbuka sangat beragam nan menggiurkan. Aneka takjil lezat berjejer dijajakan di pinggir jalan. Alhasil, program diet gagal sudah. Hari raya tiba dengan pipi gembul dan perut buncit.

Tentu beautynesian tak mau itu terjadi bukan. Sejak dini, yuk perhatikan asupan kita saat Ramadhan ini. Aneka takjil lah yang perlu lebih cermat diperhatikan. Pasalnya, banyak sekali takjil  favorit di negri kita ini yang kalorinya cukup tinggi. Berikut daftar takjil berkalori tinggi yang mampu membuat berat badan kita melesat naik seketika.

1. Kolak
Kolak selalu identik dengan bulan Ramadhan. Rasanya tak mantap jika tak pernah menikmati takjil yang satu ini saat puasa. Aneka kreasi kolak pun sangat beragam dan banyak dijajakan pedagang takjil pinggir jalan. Namun hati-hati beautynesian, kolak merupakan salah satu takjil yang dapat membuat BB naik. Bagaimana tidak? Kandungan kalori semangkuk kolak dapat mencapai hingga 826 kkal. Tingginya kalori kolak disebabkan bahan yang digunakan menggunakan santan gula, serta pisang yang notabene termasuk buah tinggi kalori.

2. Siomay
Jajanan satu ini sebetulnya tak hanya disantap untuk takjil, namun termasuk kudapan favorit di sore hari. Hanya saja, saat puasa, siomay termasuk salah satu takjil favorit karena rasanya yang lezat. Padahal, kandungan kalori sepotong siomay mencapai 51 kkal. Jika dihitung satu porsi lengkap sepiring siomay, kalorinya lebih dari 500 kkal. Sejenis dengan siomay, kudapan batagor dan empek-empek juga perlu diwaspadai konsumsinya. Satu potong batagor pun mengandung 58 kkal.

3. Gorengan
Panganan jenis ini tentu sangat terkenal dengan kalorinya yang tinggi. Sebagian orang bahkan menghindari gorengan dan menganggapnya sebagai kudapan tak sehat. Kandungan gizi gorengan memang perlu diwaspadai. Satu buah tempe goreng misalnya, mengandung 34 kkal. Pisang goreng bahkan lebih banyak lagi, yakni 68 kkal. Pun dengan jenis gorengan lain. Kalori tahu goreng sebanyak 35 kkal, ubi goreng sebanyak  48 kkal per 30 gram, singkong goreng 57 kkalper 20 gram. Wah, Gorengan memang cukup berbahaya untuk program diet kita ya beautynesian. Namun godaan mengonsumsinya tentu sangat besar. Selain rasanya yang lezat, gorengan menjadi menu takjil favorit dengan pasangannya lontong dan rawit. Sepertinya kita perlu menutup mata saat melihat aneka gorengan yang banyak dijual pedagang keliling tersebut.

4. Martabak Manis
Manis dan gurihnya martabak cukup sulit ditolak lidah kita terutama saat waktu berbuka. Kudapan ini pun sangat diinginkan saat membeli takjil puasa. Namun perlu diketahui beautynesian, kandungan kalori martabak manis sangatlah tinggi, yakni sebanyak 347 kkal. Bahkan makin banyak toppingnya, kalori martabak makin tinggi. Sebetulnya gizi martabak cukup bagus dengan kadar karbohidratnya yang tinggi dan proteinnya yang rendah. Hanya saja, kandungan gula dan cokelatnya sangat lah perlu diwaspadai.

5. Bubur Candil dan Sumsum
Satu lagi takjil favorit yang juga perlu kehati-hatian saat mengonsumsinya, yakni bubur candil yang juga sering dipadukan dengan bubur sum-sum. Kalori semangkok bubur candil mencapai 364 kkal. Wah, kalorinya lebih tinggi dari martabak manis ya beautynesian. Angka ini bahkan bertambah jika disantap bersama dengan bubur sum-sum sebagaimana yang sering dilakukan masyarakat pada umumnya.

Kelima takjil favorit nan lezat itu tentu sangat menggiurkan lidah. Bukan berarti tak boleh mengosumsinya, melainkan perlu perhatian ekstra saat menyantapnya. Hal yang patut diingat yakni kebutuhan kalori kita sebagai wanita yakni hanya berkisar 1200-1400 kalori. Jika dikurangi dari konsumsi makanan utama, maka kudapan ataupun takjil yang dianjurkan hanyalah yang mengandung sekitar 150-200 kkal. Jadi, harus cermat memilih takjil ya beautynesian.

Published at: beautynesia.id
Afriza Web Developer

1 komentar:

  1. takjil yang satu ini, martabak manis terbaik sih enak banget pas untuk berbuka puasa

    BalasHapus