Rabu, 24 Mei 2017

Keren! Ini 7 Keuntungan Menguasai Desain Grafis



Credit image: uwp[dot]edu



Belajar desain grafis memberikan banyak sekali manfaat yang menguntungkan. Bukan sekedar menambah keterampilan atau softskill, meguasai desain grafis dapat menunjang karir, bisnis, hingga menghasilkan tambahan pendapatan. Jika memiliki waktu senggang, tak ada salahnya untuk menguji kemampuan diri dengan belajar desain grafis.

1. Mengekspresikan Kreativitas
Salah satu manfaat terpenting belajar desain grafis ialah menyalurkan kreatifitas. Begitu banyak pribadi yang tak menyadari betapa kreatifnya mereka kecuali setelah belajar desain grafis. Bahkan jika Anda merasa tidak berbakat sekalipun, kreatifitas dapat diasah melalui desain grafis. Hal ini sangat berfaedah karena kreatif merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan di manapun kita berada, baik saat bekerja, menjalankan bisnis maupun bersosial.

2. Membuat Website
Memiliki keterampilan desain grafis dapat berkembang menjadi seorang desainer web. Jika ditambah kemampuan programming sederhana, maka sebuah lapangan baru terbuka luas untuk Anda, yakni kemampuan membuat website yang apik dan kreatif. Buka saja jasa pembuatan website sebagai usaha sampingan pengisi waktu luang. Maka uang tambahan dapat dengan mudah didapatkan.

3. Dibutuhkan Semua Bisnis
Setiap bisnis, apapun itu, membutuhkan seorang desainer grafis untuk mendesain bahan-bahan marketing. Desain sangat menentukan daya tarik konsumen dan menjadi gerbang awal strategi marketing suatu bisnis. Bahkan untuk membuat logo suatu brand pula diperlukan kemampuan desain grafis. Jadi, selama para pelaku bisnis eksis, maka selama itu pula orang-orang yang ahli desain grafis dibutuhkan.

4. Memiliki Studio Pribadi
Jika Anda bermimpi memiliki studio sendiri, atau ingin membangun sebuah bisnis, maka kemampuan desain grafis dapat menjadi modal yang sangat berguna. Anda bisa membuat kantor sendiri dan merekrut freelancer yang juga memiliki kemampuan desain grafis. Anda berperan sebagai pemilik studio sekaligus manajer atau direktur.  Carilah klien dari kalangan pebisnis untuk mendesain flyer, brosur, poster, atau bahkan mendesain kemasan, kartu nama hingga logo. Tak hanya pelaku bisnis, penerbitan juga sangat potensial untuk menjadi klien, terutama penerbit buku anak yang membutuhkan banyak ilustrasi gambar.

5. Menjadi Freelancer
Jika mendesain hanya sekedar hobi dan tak ingin serius ditekuni, maka menjadi desainer freelance adalah yang paling tepat. Sebagai freelancer, Anda dapat bebas memilih proyek desain grafis, kapan saja dan dimana saja mengerjakannya. Namun meski hanya sebagai pekerjaan sampingan, menjadi freelance desainer akan sangat menambah jumlah pendapatan Anda.

6. Bekerja di Rumah
Seorang yang pandai desain grafis tak memerlukan seragam dinas dan kantor tempat bekerja. Desainer grafis dapat bekerja di mana saja, termasuk di rumah. Hal ini tentu sangat menggiurkan bagi para wanita, terutama ibu muda yang kreatif namun harus mengurus rumah tangga. Jangan simpan bakatmu, asah kemampuan dengan belajar desain grafis dan mulai lah bekerja dari rumah.

7. Cakap Marketing Online
Dengan memiliki keahlian desain grafis, maka Anda juga otomatis mampu menguasai marketing online. Segala strategi marketing bisnis online membutuhkan kecakapan desain grafis, bahkan meski hanya memasarkan brand melalui sosial media. Setidaknya, bahan posting Anda nampak sangat apik berkat desain grafis dan bukan sekedar edit foto yang aplikasinya tersebar sangat banyak secara gratis.



Bagaimana? Tertarik? Kabar baiknya, tak perlu kuliah jurusan IT untuk sekedar belajar desain grafis. Inilah keunggulan soft skill yang mengusung kreativitas. Anda hanya perlu mengetahui dasar penggunaan software desain grafis seperti  Adobe Photoshop, Adobe InDesign, Corel Draw, dan lain sebagainya. Selanjutnya, Anda akan semakin ahli dengan giat berlatih. Bahkan berlatih mendesain pun merupakan kegiatan yang menyenangkan. Keren!

Afriza Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar