Senin, 05 Juni 2017

Wanita Berhijab? Konsumsi Vitamin untuk Rambut Rontok Ini Meski Berpuasa


Credit image: aboutislam.net



Salah satu masalah pelik bagi wanita berhijab ialah rambut rontok. Kondisi kepala yang selalu tertutup membuat rambut lembab dan berminyak hingga menyebabkan kerontokan. Di saat puasa, tubuh tetap harus dijaga perihal asupan vitamin dan mineral. Termasuk vitamin untuk rambut rontok, Ummi perlu mengonsumsinya agar rambut terawat baik.

Vitamin yang dimaksud di sini bukanlah berupa suplemen. Menurut dermatolog Cleveland, Dr. Melissa Piliang, seperti dikutip dari halaman The Huffington Post, kita tak boleh terlalu bergantung pada suplemen ataupun multivitamin. Sifat suplemen multivitamin hanyalah mengisi kekurangan pada konsumsi makanan kita. “Multivitamin harian ataupun suplemen prenatal hanyamembantu untuk mengisi kekosongan pada menu makanan kita,” ujarnya.

Dr Melissa pun kemudian menganjurkan untuk mengonsumsi vitamin dari bahan-bahan alami. Ia merekomendasikan beberapa vitamin dan mineral berkaitan dengan rambut. “Vvitamin mengandung nutrisi penting seperti biotin, seng dan B-kompleks yang dapat meningkatkan kesehatan rambut kita,” tuturnya. Berikut beberapa vitamin plus mineral yang perlu dikonsumsi untuk kesehatan rambut sehingga kitaterbebas dari masalah kerontokan.

1. Vitamin B Kompleks

Jenis vitamin ini dapat menebalkan rambut dan membuat rambut lebih berkilau. Pertumbuhan rambut lebih maksimal jika tubuh tercukupi vitamin B Kompleks. Untuk mendapatkan manfaat vitamin ini yakni dengan mengonsumsi buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, telur. Salah satu buah yang yang mengandung banyak vitamin B Kompleks ialah alpukat. Jadi Ummi bisa coba menambahkan menu jus alpukat saat berbuka nanti ya.

2. Vitamin D

Vitamin ini sangat penting bagi para wanita berhijab. Pasalnya, kondisi rambut yang selalu tertutup membuatnya tak tersentuh cahaya matahari. Padahal cahaya matahari merupakan sumber vitamin D yang utama. Vitamin D pun sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan asupan  vitamin D, Ummi bisa mengonsumsi ikan laut seperti salmon, makarel dan tuna. Selain itu, susu, telur, jamur, keju, udang, tiram dan kedelai juga mengandung banyak vitamin D. Jadi masukkan menu ikan laut untuk berbuka ya Ummi. Bisa pula Ummi meminum susu sapi atau susu kambing setiap kali sahur.

3. Zat Besi dan Zinc

Selain vitamin B Kompleks dan vitamin D, Zat besi dan Zinc sangat dibutuhkan rambut. Zat besi zsangat dibutuhkan tubuh. Khusus rambut, zat besi memungkinkan oksigen sampai ke rambut kemudian meningkatkan pertumbuhannya. Zat besi ini perlu dikonsumsi sedari kecil. Seorang anak yang tidak memakan daging merah cenderung mengalami kekurangan zat besi saat ia dewasa. Rendahnya zat besi tersebut yang kita kenal dengan penyakit anemia. Anemia pun menjadi salah satu penyebab kerontokan pada rambut.

Selain daging merah, zat besi juga dikandung bahan makanan seperti kuning telur, bayam, kacang hati ayam dan lain sebagainya. Sejak bayi, konsumsi zat besi sangat perlu diperhatikan. Namun konsumsi zat besi perlu dibatasi pula agar tidak berlebih.

Adapun zinc merupakan mineral utama dalam pertumbuhan rambut. Tak heran jika zat ini menjadi kandungan penting dalam pembuatan shampoo. Untuk memenuhi kebutuhan zink dalam tubuh, ummi perlu mengonsumsi 15-30 mg zinc per hari. Makanan yang kaya akan kandungan zink misalnya gandum, serealia, daging unggas serta kacang-kacangan.

Itulah sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan rambut. Ummi bisa memasukkannya sebagai bahan menu buka atau sahur ya. Jadi meski berpuasa, kebutuhan vitamin dan mineral tetap terjaga, termasuk kebutuhan untuk rambut. Alhasil, rambut bisa terlepas dari masalah kerontokan. berhijab pun makin tenang dan nyaman. 

Published at: abiummi.com

Afriza Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar