Senin, 12 Juni 2017

Obat Rambut Ini Ampuh Untuk Mengatasi Kerontokan


Credit image: minyak-kemiri[dot]com


Tak hanya yang berusia lanjut, kerontokan rupanya sering kali menjadi masalah bagi kaum muda. Pasalnya kondisi emosional dan kesehatan kulit kepala dapat memicu kerontokan pada rambut. Pun demikian pula bagi wanita berjilbab. Kerontokan menjadi masalah pelik karena kepala dan rambut yang selalu tertutup. Beragam obat rambut pun kemudian dicoba untuk menyembuhkan kerontokan yang tak berujung ini.

Namun sebetulnya ada obat rambut alami yang ampuh untuk mengatasi kerontokan. Berbahan dasar tanaman alam yang sering dijumpai sebagai bumbu dapur, obat ini dapat dibuat sendiri di rumah. Ya, minyak kemiri merupakan obat rambut yang patut dicoba untuk menyembuhkan kerontokan.

Kemiri dipercaya sejak zaman dahulu sebagai obat rambut, baik untuk mengatasi kerontokan, menyuburkan rambut, menguatkan akar hingga menghitamkan rambut. Kukui, demikian orang zaman dahulu menamai obat rambut dari kemiri yang diolah menjadi minyak. Bahkan bumbu dapur yang memiliki bahasa latin Aleurites moluccana ini digunakan sebagai sabun dan sampo sejak zaman dahulu di negara Hawaii dan Tonga.

Berdasarkan penelitian, ternyata kemiri memiliki banyak kandungan zat baik gizi maupun non-gizi yang baik untuk kesehatan. Tak heran jika kemiri juga menjadi obat herbal bagi beberapa penyakit. Adapun untuk pengobatan rambut, yang dimanfaatkan adalah biji kemiri. Tak kalah dengan buahnya, biji kemiri mengandung asam amino esensial dan non-esensial. Kandungan ini sangat bagus untuk pembentukan protein.

Sebagai obat rambut, biji kemiri harus diolah menjadi minyak terlebih dahulu. Biji yang digunakan sebagai bumbu dapur ini memang mengandung lebih dari 60 persen minyak. Minyak kemiri memiliki kandungan vitamin E yang tinggi yang bagus untuk kulit termasuk kulit kepala. Miyak ini juga mengandung flavonoid dan polifenol yang mampu menangkal radikal bebas.

Meski saat ini sudah banyak merek yang menjual minyak kemiri, namun obat rambut ini dapat dibuat sendiri di rumah. Terdapat dua cara cara untuk membuat minyak kemiri. Cara pertama yakni dengan dibakar.

Pertama jemur biji kemiri di bawah sinar matahari langsung. Setelah itu panggang diatas kompor hingga berwarna kehitaman atau agak gosong. Angkat dan bungkus ke dalam kain kasa. Setelah itu, tumbuk kemiri hingga mengeluarkan minyak. Karena prosesnya dibakar, minyak yang dihasilkan berwarna agak hitam. Aromanya pun kurang sedap.

Cara kedua, haluskan biji kemiri dengan blender ataupun menumbuk tangan. Kemudian beri air, uleni dan peras layaknya membuat santan. Setelah terkumpul cukup banyak, simpan dalam wadah bersih dan diamkan selama 24 jam. Setelah didiamkan, masak santan kemiri di dalam wajan, aduk-aduk hingga mengeluarkan minyak. Cara kedua ini menghasilkan minyak kemiri yang lebih bening dan beraroma harum. Namun perlu kesabaran ekstra saat membuatnya karena proses memasak santan kemiri hingga menjadi minyak butuh waktu yang cukup lama.

Kendati ada dua cara menghasilkan minyak kemiri, namun yang seringkali dilakukan orang zaman dahulu adalah cara pertama, yakni dibakar. Minyak kemiri hasil pembakaran dipercaya lebih ampuh untuk menguatkan akar rambut. Jika Abi ataupun Ummi tidak sempat membuatnya, minyak kemiri mudah dijumpai di toko herbal baik offline maupun online.

Adapun untuk pemakaian obat rambut minyak kemiri tersebut, harus dilakukan secara rutin setiap hari. Oleskan minyak kemiri pada rambut sembari dipijat-pijat. Lakukan saat malam sebelum tidur. Tutupi rambut yang sudah diolesi minyak dan diamkan hingga bangun tidur. Bilas dengan air hangat dan sampo di pagi hari.

Jika api dan ummi merasa berat melakukan rutinitas sebelum tidur tersebut, terdapat cara pemakaian lain yakni dengan menggunakannya sebagai shampoo. Gunakan minyak kemiri saat keramas dan diamkan 2-3 jam. Bilas bersih dan lakukan 3-4 kali dalam sebulan. Namun cara pertama dioleskan pada malam hari lebih berkhasiat dan lebih cepat terlihat hasilnya.

Demikian obat rambut yang patut dicoba untuk mengatasi kerontokan. Minyak kemiri menjadi obat rambut yang diwariskan leluhur. Selamat mencoba.


Published at: abiummi.com
Afriza Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar