Senin, 26 Juni 2017

Waspadai 8 Penyebab Rambut Rontok Parah Ini (Bagian 2)


Credit image: bebeautiful[dot]in


Penyebab Rambut Rontok Parah Kelima; Anemia
Health Magazine menyebutkan, hampir satu dari 10 wanita berusia 20-49 tahun menderita anemia. Kekurangan zat besi pada tubuh tersebut pun dapat menjadi penyebab rambut rontok parah. Jadi jika Abi atau Ummi mengalami kerontokan parah, kunjungilah dokter untuk melakukan tes darah. Bisa jadi, Abi atau Ummi mengidap anemia. Rambut rontok merupakan gejala penyakit tersebut untuk mengatasinya, meminum suplemen zat besi atau penambah darah dapat dilakukan. 

Penyebab Rambut Rontok Parah Keenam; Penurunan Berat Badan Tiba-tiba
Penurunan berat badan yang terjadi secara dramatis disebut sebagai salah satu stres fisik yang dapat menyebabkan kerontokan parah pada rambut. Kekurangan vitamin dan mineral akibat penurunan berat badan juga menjadi faktor pemicu kerontokan. 
Menurut dokter kulit di Scott and White Clinic, Round Rock Texas, Mark Hammonds, penurunan berat badan dapat mengacaukan sistem tubuh. Kekacauan yang terjadi tersebut dalam periode enam bulan dapat menjadi penyebab rambut rontok parah. Untuk mengatasinya, kondisikan tubuh memiliki berat badan ideal. hal tersebut dapat mengobati kerontokan yang terjadi.

Penyebab Rambut Rontok Parah Ketujuh; Overstyling
Terlalu sering melakukan aneka gaya dan perawatan pada rambut justru dapat membuat kerontokan rambut itu sendiri. Over styling di sini seperti mengepang rambut dengan kencang, menggunakan curling iron, meluruskan rambut dengan catok ataupun bahan kimia, menggunakan minyak panas sebagai perawatan, dan lain sebagainya. Segala jenis gaya rambut tersebut berdampak negatif pada akar rambut. Bahkan bukan hanya rontok, overstyling dapat menyebabkan penghentian pertumbuhan rambut. Dengan kata lain, rambut Abi atau Ummi tidak akan tumbuh kembali.
Lalu apa yang harus dilakukan. Selain menghindari gaya dan perawatan rambut yang berlebih, American Academy of Dermatology menganjurkan penggunaan kondisioner setiap selesai keramas, lalu membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Jika penggunaan alat styling rambut memang sangat diperlukan, maka kurangi intensitas penggunaannya. Untuk alat styling yang panas, seperti pengering rambut, catok, dan sebagainya, penggunaanbya hanya dibolehkan sekali dalam sepekan.

Penyebab Rambut Rontok Parah Kedelapan; Konsumsi Obat Berlebih
Beberapa jenis obat ternyata dapat menjadi penyebab rambut rontok parah. Menurut Health Magazine, beberapa jenis obat tersebut seperti obat pengencer darah, obat penstabil tekanan darah atau yang sering disebut dengan beta-blocker, obat rematik dan beberapa obat kulit seperti methotrexate, obat anti depresi, obat anti inflamasi nun streroid termasuk ibuprofen, obat untuk pengidap bipolar atau lithium, dan lain sebagainya.
Untuk mengatasinya tentu tidak mudah. Apalagi jika beberapa jenis obat tersebut ada pada resep dokter guna menyembuhkan penyakit yang diderita. Alih-alih mengatasi kerontokan rambut, menyembuhkan penyakit yang diderita tentu lebih utama. Namun untuk meminimalisir, mintalah dokter untuk mengurangi dosis atau jika ada, beralihlah ke jenis obat lain. Kerontokan rambut akan teratasi seiring dengan menghindari konsumsi obat-obat tersebut.
Demikian delapan penyebab rambut rontok parah yang mungkin salah satunya terjadi pada Abi atau Ummi. Jika demikian, maka segeralah hindari penyebab tersebut. Kerontokan akan teratasi tanpa obat apapun jika menghindari penyebab-penyebab kerontokan tersebut. 
Selain kedelapan penyebab tersebut, terdapat beberapa penyebab lain yang juga dapat menyebabkan kerontokan parah pada rambut. Namun penyebab tersebut datang secara alami seperti faktor usia atau penuaan, kondisi hormonal yang terjadi saat hamil, ataupun karena gen keturunan. Selain itu, kondisi pemulihan tubuh atau pengobatan khusus juga menjadi penyebab kerontokan parah. Misalnya yakni seseorang yang tegah melakukan kemoterapi. Untuk kasus-kasus khusus tersebut, konsultasi dengan dokter lebih dianjurkan.

Afriza Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar